Cara Mengatasi Laptop Toshiba yang tidak bisa Masuk BIOS - Tutorial Teknologi Kuliah

Blogger

  • Tutorial
  • Teknologi
  • Kuliah
  • UTM

Hot

Thursday 2 June 2016

Cara Mengatasi Laptop Toshiba yang tidak bisa Masuk BIOS



Langsung saja masuk ke bios dan melihat2 setinganya.
Ada sebuah setingan yang saya rubah yaitu Boot Speednya dari Normal menjadi fast  karena saya pikir jika di buat menjadi fast maka loding masuk ke windowsnya akan menjadi lebih cepat. Terang saja setelah saya mengganti setingan itu instalasi windows tidak bisa berjalan. Dan niat hati ingin mengembalikan setingan Fast tersebut kembali ke Normal. Tapi sayang Boot Modenya tidak muncul. Sehingga ketika saya tekan F2 tidak bisa masuk ke bios.

Sempat bingung setengah hidup juga sih mikirinya, gimana cara masuk ke bios kembali. Setelah dicoba gagal coba gagal. Akhirnya saya mendapatkanya.yaitu dengan cara menekan tombol Power + F2 secara bersamaan waktu menghidupkan laptop, 

nah di saat itu Sistem Boot modenya akan muncul. maka pilih F2 lagi, dan segeralah anda rubah setingan Fast menjadi Normal supaya bisa melakukan instalasi kembali.
semoga bermanfaat pengalaman ini.

sebelumnya saya juga sudah mencoba menggunakan software untuk mengembalikan setingan bios ke default tapi tetap tidak bekerja. Masih ada cara lain yaitu mencabut baterai CMOSnya. Tapi pada laptop ini sulit untuk kita lakukan karena harus membongkar Casingya lagi. Sementara pembongkaran Casing itu lumayan ribet saya rasa.

Dan satu lagi, hal yang dapat menyebabkan tidak bisa masuk BIOS yaitu kita sudah terlanjur mengUPGRADE versi BIOS kita, Contoh : Dulunya versi bios kita adalah v.1.3 dan di UPGRADE ke v 6.3 dan seterusnya, hal tersebut jga bisa meyebabkan kita tidak bisa Masuk BIOS.

Semoga bermanfaat ^_^

35 comments:

  1. Gan mohon bantuannya, laptop gw Toshiba L740. Setiap di shutdown langsung otomatis hidup gan, ga bisa mati kecuali baterainya di cabut. Udah make tutorial om google gk berhasil T_T
    agungmaulanabashry@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti setingannya di control panel gan, power option gan, choose what closing the ld does, klik change setting...... lalu hilangkan centang turn on startup, save

      Delete
  2. gan punya adik saya juga toshiba L740 tp sdh diinstall pake windows 10, ga bisa masuk menu bios. udah coba cara tekan "f2 + power" tp tetap ajah ga bisa masuk. mohon bantuannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisanya sudah bisa gan, asalkan matikan windowsnya sudah benar

      Delete
  3. Wah makasih gan. Akhirnya sukses besar setelah dicoba.

    ReplyDelete
  4. Thanks artikelnya.. Sangat membantu... Saya juga mengalami cerita yang sama.. Hehehe

    ReplyDelete
  5. pencetnya f2 dulu tekan terus pakai jari telunjuk kiri lalu jari telunjuk kanan tekan power

    ReplyDelete
  6. Gan mohon arahannya, sya pnya laptop toshiba c55t touchscreen, ga mau di instal ws slain ws10. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  7. Thanks banget gan. Saya hampir putus asa dengan laptop saya yg tidak bisa masuk ke BIOS. Akhirnya bisa

    ReplyDelete
  8. klu layar nyala tp hitam aja gimana ya mas...udah coba masuk bios jg ngk bisa buka pasang lg hardisk dan ram jg sama blm bisa

    ReplyDelete
  9. infonya sangat MEMBANTU... makasih banyak gan..

    ReplyDelete
  10. Gan gmna caranya mengatasi tidak mau masuk ke windows karena failure cable HDD ???
    Mohon solusinya gann

    ReplyDelete
  11. Gan laptopsaya Toshiba m800 g bisa masuk Windows mohon bantuanya

    ReplyDelete
  12. Gan mohon bantuannya. punya saya toshiba c55t. pas lagi upgrade BIOS eh tiba tiba listrik mati,laptopnya juga serentak mati gan. mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  13. mantuuuuuuuuuuuuulllllll om makasih

    ReplyDelete
  14. Bang, solusi untuk thosiba c55t punya saya tidak ada pilihan boot mode dalam menu advance itu gmana ya

    ReplyDelete
  15. Gan sy bingung..waktu ngidupin laptop tosiba satellite L645.kliatan tulisan tosiba..dan dibawahnya presh f2 go to menu..abis itu cuma tanda setrip aja keliatan di pojok atas kiri gan

    ReplyDelete
  16. Terima kasih Gan.
    Smoga ilmunya berkah dn bermanfaat.
    Amoga Allah balas dgn kebaikan yg bnyak.

    ReplyDelete
  17. Kalo untuk laptop toshiba satelite p745 masuk kebios apa ya? Ngga bisa masuk krn rubah normal ke fast

    ReplyDelete
  18. Bang ko punya gua ada suara "tit tit tit" gitu,takut akhirnya saya cabut langsung baterai nya? Gimana dong nih bang?

    ReplyDelete
  19. Terima kasih om. Leptop saya kembali normal lagi saya ikut tutorial yang om buat di google ini. Dan leptop sy sdh kembali normal lagi.

    ReplyDelete
  20. Terima kasih, ternyata sebelum ditekan power, tahan dulu f2

    ReplyDelete
  21. Punten Mas, saya punya toshiba dynabook j72 udah lawas bngt, udah lama ga di pake kira kira 7 tahun. Dan pas ga di pake itu dalam posisi lowbat. Sekarang mau di cek lagi kok gabisa masuk ke windows, malah mentok di system setup kira kira apanya ya yg harus di perbaiki. MAKASIH Sebelumnya.

    ReplyDelete
  22. Luar biasa... Alhamdulillah gan bisa kembali lgi normal. Terimakasih bnyak ilmunya ya

    ReplyDelete
  23. kak laoau pakai keyboard external kok ndk bisa mede ini?? saya sudah terlanjur setting bios ke fast

    ReplyDelete